• Post category:Bus Dan Elf
  • Post last modified:Desember 21, 2020

Liburan ke Bali Naik Bus Murah Untuk Study Tour Dan Outing

Liburan mungkin hal yang ingin dilakukan setiap orang ketika dirinya butuh suasana baru, seperti membutuhkan destinasi vitamin ‘Sea’. Destinasi wisata untuk mengisi liburan yang paling terkenal dengan pantai-pantainya di Indonesia adalah daerah Bali. 

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang dikunjungi oleh turis lokal maupun internasional, baik jalur darat di perbatasan jawa Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk atau jalur udara di Bandara Ngurah Rai.

Bali sangat kental akan budayanya. Dapat dilihat dari bangunan-bangunan yang berciri khas dan hampir di setiap rumahnya terdapat tempat ibadah–atau secara umumnya adalah Pura.

Bagi mahasiswa atau pelajar yang mengadakan studi komparatif ke Bali menjadi suatu liburan yang bukan liburan. Namun, di sisi fokus atas tujuan yang akan dicapai, merasa ada ‘liburan’ dalam hatinya.

Dengan perjalanan dari Bandung hingga Bali menggunakan transportasi darat dan disambung jalur laut dengan kapal Ferry dengan jarak 1,087 KM membutuhkan waktu kurang lebih 36 jam untuk sampai di pulau Bali. Di perjalanan pun sama, dengan panjangnya waktu yang sangat jauh pun diberikan pemandangan-pemandangan yang membuat takjub seperti gunung, perbukitan yang dilewati dari Bandung hingga Probolinggo sampai dengan penyebrangan laut di Pelabuhan Ketapang. 

Menyebrangi selat Bali kurang lebih 45 menit, yang uniknya adalah ketika di perjalanan laut, jam di ponsel tiba-tiba berganti. Jika memakai jam analog, kita harus membenarkannya secara manual. 

Hal itu terjadi karena Bali merupakan daerah WITA atau Waktu Indonesia Tengah. Ketika sampai di Bali itu bagi turis domestik, jangan lupa untuk mengganti jam tangannya ya agar tidak salah dengan menambahkan atau mengurangi waktunya 1 jam lebih. 

Mau tau tips untuk naik bis ke bali seperti apa? Yuk dibaca dulu sampai habis saran tempat yang dapat dikunjungi di Bali ya!
Berikut adalah tempat-tempat wisata edukasi dan juga wisata dengan menikmati keindahan alam yang ada di Bali:

Wisata Edukasi di Bali

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Denpasar 

Sebelum masuk ke auditorium DPK, sebagai tamu atau pengunjung diberikan sajian yang berbeda dengan dinas perpustakaan yang ada di Bandung yaitu kita harus melewati tempat yang disebut “Museum Digital” oleh pihak sana, meskipun tidak besar jalan tersebut diberikan tata pameran seperti museum. Dari paparan dari pihak DPK tentang museum ini,  menyebutkan bahwa museum ini di isi dengan informasi-informasi sejarah tentang Bali dan kekhasannya.

Di gedung DPK, kita diberikan penjelasaan mengenai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar dari segi pengelolaannya sampai dengan fasilitas dan koleksi yang ada di DPK tersebut. Disana dijelaskan juga bahwa museum yang sebelumnya kita lewati merupakan implementasi dari arsip-arsip yang telah di kelola dan diubah menjadi bentuk koleksi yang ada di DPK. 

Advertisement

Tidak lupa juga dijelaskan tentang perpustakaan, di sana bagaimana dari koleksinya dan juga fasilitas-fasilitas yang di sediakan. Setelah mendapatkan penjelasan kita dapat mengunjungi koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan nya, sekadar membaca dan bertanya kepada pustakawan yang ada di sana bila ada yang ingin ditanyakan.

Ada yang berbeda yaitu dengan adanya koleksi budaya, artinya Bali sangat tinggi rasa akan menjaga kebudayaannya. Salah satunya adalah bukti bahwa adanya daun lontar yang disediakan di DPK. Namun ketika ditanya daun lontar tersebut apakah boleh di buka atau bagaimana, jawaban dari pihak pustakawan sendiri tidak sembarangan orang dapat membukanya.

2. Museum Bajra Sandhi

Museum ini memberikan informasi tentang perjuangan para pahlawan Bali terdahulu dan juga bukti dari masyarakat Bali sebagai bentuk menghargai perjuangan para pahlawan rakyat Bali. Museum tersebut juga dibangun sebagai lambang semangat kemerdekaan Republik Indonesia, karena dalam segi bangunan nya secara filosofis jumlahnya seperti tanggal kemerdekaan Republik Indonesia 17-8-45. Dilihat dari tanggal tersebut, jumlahnya ada pada 17 anak tangga yang ada pada gerbang utama, lalu ada 8 buah tiang dalam gedungnya, dan dari ketinggian monumennya adalah 45 meter. 

Dari gedung yang memiliki monumennya setinggi 45 meter, terdapat tiga lantai. Lantai pertama terdapat beberapa ruang yaitu administrasi, rapat, perpustakaan, pameran, souvenir, dan juga toilet. Di lantai dua adalah ruangan diorama atau koleksi dari museum tersebut, koleksi dari museum Bajra Sandhi ini adalah diorama, yang berjumlah 33 dalam bentuk ruangannya dengan melingkar. Dari bentuk ruangan melingkar ini secara urutannya secara kronologis di mulai dari no. 1 sampai dengan no. 33.

Pada lantai tiga terdapat ruangan paling atas dari monumen Bajra Sandhi ini, dalam informasi pada museum tersebut menjelaskan bahwa lantai tiga ini adalah tempat merenung sambil menikmati suasana keindahan yang ada pada monumen. 

Price :

TERM & CONDITIONS:

  1. Harga sudah termasuk biaya bahan bakar dan supir.
  2. Harga tidak termasuk tiket parkir, tol, ferry, dan tiket masuk objek wisata. ,
  3. Jika terjadi pembatalan pada hari pemakaian akan dikenakan 50%.
  4. Seluruh penumpang dan kru armada mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.
  5. Bila mana ada perubahan harga, akan dikonfirmasi sebelumnya.
  6. Pembayaran paling lambat dibayarkan 2 minggu dari tanggal pemakaian.
Advertisement

Tinggalkan Balasan